Jumat, 04 Agustus 2017

Gejala Kanker Paru-paru

Kaker paru-paru adalah penyakit yang diam-diam mematikan penderitanya, dan merupakan jenis kanker yang angka kematiannya paling tinggi. Salah satu penyebab angka kematian yang tinggi adalah karena sulitnya mendiagnosis kanker paru-paru secara dini.

Gejal kanker paru-paru yang sering terjadi :






1. Mengalami batuka yang tidak dapat di sembuhkan
Gejala batuk sangat umum terjadi. Anda dapat batuk akibat tersedak ataupun demam dan lainnya, namun apabila batu tidak berhenti setelah tersedak atau demam hilang dan tidak baik meski telah di obati. Anda harus segera memeriksa paru anda ke dokter ahli.

2. Merasakan sesak nafas setelah aktivitas normal
Jika sering merasa sesak nafas atau nafas anda berbunyi, hal tersebut dapat menjadi gejala kanker paru-paru. Anda dapat memiliki kesulitan bernafas akibat tumor yang menghalangi saluran pernafasan anda atau cairan di sekitar paru meningkat dan mernekan paru anda. Namun apabila anda tidak dapat bernafas dengan normal setelah melakukan aktivitas rutin seperti naik atau turun tangga, mengangkat barang, atau melakukan hal-hal yang sebelumnya anda bisa tanpa kesulitan bernafas.

3. Merasakan perubahan pada batuk
Batuk kronis seringkali merupakn gejala dari kondisi lain seperti reflux asam lambung, asma, atau alergi. Namun apabila kondisi batuk berubah seperti dari batuk kering kemudian batuk berdahak dan berdarah, anda harus cepat periksa ke dokter.

4. Mengi atau anda mendengar nafas anda bersuara
Nafas yang tersenggal-senggal terjadi karean paru-paru yang sedang berkontraksi, tersumbat, atau meradang. Nafas yang tersenggal-senggal dapat menjadi pertanda dari kondisi kesehatan seperti alergi dan asma. Jika kondisi anda tidak segara membaik anda harus segara konsultasi ke dokter.

5. Berat badan menurun secara drastis
Penurunan berat badan yang tiba-tiba adalah hal yang tidak baik. Seseorang penderita paru-paru sering mengalami penurunan berat badan dalam waktu yang singkat, yang di sebabkan oleh sel klanker yang menggunakan semua energi dan nutrisi. Janagan sampai anda abaikan perubahan yang terjadi pada tubuh anda, dan terutama saat anda tidak mengubah pola makan dan gaya hidup anda. Hal tersebut dapat menjadi salah satu perubahan pada kesehatan badan anda.

6. Mengalami nyeri pada tulang
Kanker paru pada tahap lanjut dapat menyebabkan nyeri pada tulang. Kebanyakan orang yang menderita kanker pada tulang adalah orang yang lebih tua, dan mereka menganggap nyeri tulang adalah proses penuaan. Nyeri pada tulang akibat anker paru-paru sering kali terpusat pada bagian bahu atau punggung, lengan, ataupun leher meski jarang terjadi. Nyeri akibat kanker seringkali memburuk saat beristirahat atau pada saat malam hari.

7. Mengalami sakit kepala yang tidak kunjung hilang
Rasa sakit yang paling berbahaya dari kanker paru adalah sakit kepala. Hal tersebut karena kanker sudah menyebar dari paru hingga ke otak.

8. Suara anda berubah
Suara anda dapat menjadi serak saat anda demam ataupun saat anda tidak bersuara dalam waktu yang limayan lama. Jika anda merasakan perubahan pada suara anda, atau seseorang mengatakan suara anda lebih berat dan serak. Apabila kondisi anda tidak kunjung baik setelah lebih dari 2 minggu pengobatan, periksa ke dokter.

9. Mengalami nyeri pada dada
Walau tumor kanker paru yang muncul di tengah paru tidak menyebabkan rasa sakit, jenis kanker paru tertentu yang terjadi di bagian luar paru dan dinding dada dapat menyebabkan rasa sakit. Apabila kanker menyebabkan nyeri dada dan rasa tidak nyaman mungkin di sebabkan kelenjar getah bening atau metastasis pada dinding dada dan atau karena rusuk yang membengkak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar