Minggu, 06 Agustus 2017

Cara Pencegahan Kankaer Paru-paru

Kanaker paru-paru merupakan penyakit yang berbahaya yang dapat menyebabkan angka kematian yang relatif tinggi. Faktor yang terbesar dari penyakit kanker paru-paru adalah dari merokok, peroko memiliki resoko yang lebih tinggi dari pada penyebab lainnya. Dengan melakukan pencegahan dengan tepat dan benar dapat terhindar dari resiko yang membahayakan.

Beberapa cara pencegahan kanker paru-paru :

> Berhenti merokok
Anda pastinya sudah tahu bahwa kanker paru-paru kebanyakan sering di sebabkan oleh merokok, untuk itu anda ahrus menghentikan kebiasan merokok tersebut yang dapat menimblkan penyakit kanker. Cara yang pasti untuk berhenti yaitu dengan niat yang benar dan kuat untuk berhentimerokok.

> Menggunakan masker
Dengan menggunakan masker jika anda bekerja di tengah polusi udara sehingga polusi atau partikel yang ada di udara tidak dapat masuk dalam tubuh.

> Menghindari asap rokok
Asap rokok memiliki pengaruh yang dapat terjadinya penyakit paru-paru, meskipun seseorang yang tidak merokok tetapi selalu menghisap asap rokok yang berada di dekatnya kemungkinan akan ter serang penyakit kanker paru-paru. Untuk itu lebih baik menghindari temapat-tempat yang banyak asap rokoknya.

> Hindari mengonsumsi Alkohol
Dengan menghidari minuman alkohol anda bukan hanya terbebas dari penyakit kanker tetapi akan terhidar dari penyakit kanker lainnnya, seperti kanker otak, kanker paru-paru dan sebagainya. Dan jika dalam keluarga terdapat riwayat kanker paru-paru sebaiknya hidari penyebab utamanya.

> Konsumsi buah dan sayur
Dengan membiasakan memakan buah dan sayur ternyata mengandung banyak khasiat dan dapat mencegah kanker paru-paru. Haltersebut karena buah dan sayur memiliki kandungan antioksida yang tinggi. Buah-buahan yang baik di konsumsi di antaranya adalah buah apel, melon, alpukat, anggur, jambu biji merah, jeruk dan berry. Apabila sayurannya memilih dengan yang berdaun hijau karena memiliki banyak mengnandung antioksidan dan efek perlindungan.

> Tingkat udara dalam ruangan
Udara di dalam ruangan yang biasanya dapat emnjadi faktor penyebab dari kesehatan paru-paru. Hal tersebut bisa di sebabkan karena benda-benda yang berada di dalam ruangan yang tidak bersih, misalnya karpet yang tidak bersih, pengharu ruangan dengan mengandung bahan kimia yang berbahaya, penggunaan lilin yang berlebihan, atau bisa dengan pekerjaan bangunan yang berdebu. Maka sebauknya menjaga kesehatan dengan menjaga ruangan yang bersih dan mengatur sirkulasi udara.

> Olahraga teratur
Dengan sering berolahrag pastinya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Olahrag dapat menyehatkan jantung dan paru-paru, dengan semakin baik kebugaran yang di lakukan maka akan semakin baik paru-paru untuk menjaga kesehatan jantung dan sirklasi darah untuk menyuplai oksigen. Olahragapun selain dapat menyehatkn juga dapat menjaga kekebalan atau daya tahan tubuh.

> Paparan radon
Radon adalah paparan gas radio aktif yang berasal dari pemecahan uranium dalm batuan dan tanah. Hal tersebut dapat tercemar pada tanah, bocoran ke udara, dan pada air.

> Paparan zat
akaibat terjadinya paparan zat-zat seperti berikut dapat terjadinya kanker paru-paru, misalnya zat abses, zat arsenik, zat chromium, zat berilium, zat cadnium, nikel dan tar.

> Hindari terinfeksi virus HIV atau sering di sebut dengan human immunodeficiency virus, penyebab acquired immunodeficiency syndrome atau sering di sebut dengan AIDS. Terkait dengan resiko yang sangat tinggi terkena penyakit kanker paru-paru, dan orang yang memiliki virus HIV kemungkinan memiliki lebih dari dua kali terserang kanker paru-paru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar