Selasa, 20 Juni 2017

DIare Penyakit Yang Umum Namun membahayakan

DIARE



Diare adalah buang air besar dengan berupa cairan sebanyak tiga kali  atau lebih lebih dalam 24 jam.

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar di dalam masyarakat Indonesia. Berdasarkan riset yang dilakkan oleh Departeme Kesehatan RI pada tahu 2007, diare menduduki peringkat ke 13 sebagai  penyebab kematian semua umur dengan proporsi sebesar 3,5%. Ssedangka berdasarkan ketgori penyakit menular, diare menduduki urutan ketiga penyebab kematian setelah Pneumoia dan TBC.  Darai data tersebut, gologan usia yang paling banyak mengalami diare adalah balita prevalensi sebesar 16,7 %.

Bedasarkan lama waktu diare berlangsung, ada 3 jenis diare :

  1. Diare akut berlangsung beberapa hari hingga seminggu.
  2. Diet yang berlangsung selama tiga minnggu.
  3. Diare kronis yang berlagsung lebih dari 4 minunggu.


Penyebab Diare

Penyebab Diare beragam, da dapat terjadi pada orang dewasa ataupun anak-anak.

Penyebab diare pada orang dewasa :
Adanya bakteri, virus serta parasit
  1. Kontaminasi terhadap makanan atau minuman sebelum dikonsumsi (baik kimia maupun karena bakteri)
  2. Kekurangan gizi
  3. Alergi pada susu
  4. Kekebalan tubuh yang melemah
  5. Efek mengkonsumsi obat-obatan tertentu.
  6. Konsumsi minuman alkohol dan kopi berlebihan


Penyebab diare pada bayi dan anak-anak :
  1. Alergi yang ditimbulkan karena mengkonsumsi makanan atau sensitive terhadap obat-obatan
  2. Makanan atau minuman yang telah terkontaminan bakteri, parasit dan virus.
  3. Alat makan dan minum yang digunakan tidak steril.


Faktor Resiko Diare

Selain penyakit medis, berikut ini kebiasaan seseorang yang dapat meningkatkan resiko terkena diare, antara lain :

Jarang mencuci tangan setelah ke kamar mandi.
Tempat atau wadah makanan dan minuman yang tidak bersih
Jarang atau tidak pernah membersihkan dapur dan toilet
Memanfaatkan sumber air yang tidak bersih untuk memenuhi kebutuha sehari-hari.
Makan makana yang telah dingin
Tidak mencuci tangan dengan sabun

Diagnosis Diare

Dokter biasanya kan melakukan beberapa pemeriksaan fisik dan memperlajari riwayat medis anda dalam memgidentifikasi penyebab diare Pada beberapa kasus, dokter akan meminta pasien melakukan tes tambahan untuk mengetahui lebih lanjut kondisi pasien tersebut, meliputi tes darah, tes urin dan feses dan pemeriksaan rektrum.

Pengobatan Diare

Pada orang dewasa gejala diare akan hilang  atau sembuh dalam wakt 2-4 hari. Sedangkan pada anak-anak diare biasanya sembuh dalam waktu 5-7 hari atau dua minggu. Secara lami system imun pada manusia yang akan melawan infeksi penyebab diare. Walau pun demikian, diare bisa berlangsung lebih lama tergantung penyebabya.

Meski diare bisa sembuh dengan sendirinya, Anda dapat mengirakan gejalanya dengan mengikuti beberapa saran. Saran ini juga berlakubagi penderita diare yag sedang hamil atau menyusui.
Minum air mineral. Cairan tbuh yang banyak terkuras kerena penyakit diare, harus diganti dega mengonsumsi banyak minum mineral. Karena kekurangan cairan meyebabkan tubuh menjadi lemas dan lesu. Hidari minuman seperti kopi, the serta minuman yang dapat merangsag asam lambung.
Konsmsi makanan. Hidari mengonsumsi makanan yang kaya serat, karena jstru akan memperpanjang masa diare yang diderita.

Mengonsmsi oralit . Kandungan serta elektrolit yang ada pada oralit berfungsi nyuk menggantikan cairan tubuh ketika diare.

Obat-obatan pereda sakit. Meski obat pereda sakit tidak dapat mengobati diare, namun anda boleh minum paracetamol atau ibuprofen jika diare anda disertai sakit dan demam.

Konsumsi air kelapa muda. Kosumsi air kelapa yang masih hijau dengan ditambah garam dapur. Agar tubh terangsang untuk mematikan bakteri.

Istirahat yang cukup. Karena dengan cara beristirahat dapat mengembalikan stamina yang hilang.

Jika sakit diare tidak kunjung semuh ketika menggunakan penaganan tadi, maka sebaiknya hubungi dokter agar diketahui sebab pasti diketahui sebab dari prnyakitdiare tersebut.



Sembelit Penyebab Gejala dan Penanganannya


SEMBELIT

Sembelit atau konstipasi adalah  keadaan dimana seseorang tidak lancar buang air besar yaitu kurang dari tiga kali semingggu. 



Setiap orang memiliki kebiasaan buang air besar yang berbeda-beda. Ada yang rutin setiap hari, ada juga yang jarang buang air besar. Tapi, jika sulit buang air besar berarti orang tersebut mengalami sembelit. Walaupun sembelit adalah penyakit yang umum, tapi penyakit ini juga bisa mejadi kronis. Apabila tidak kujung sembuh dalam tiga minggu berturut-turut.


Penyebab dan Faktor Resiko Sembelit

  1. Tidak terpenuhi kebutuhan serat atau kurang mengosumsi serat.
  2. Kurang minum air putih.
  3. Setres atau depresi.
  4. Sedang hamil bagi wanita.
  5. Gangguan makan
  6. Mengosmsi obat-obatan atidepresan atau nyeri.
  7. Sering dan banyak mengonsumsi produk susu.
  8. Penyakit parkison
  9. Hipotiroidisme
  10. Gangguan hormone
  11. Memililki ambeien atau wasir.
  12. Mengidap penyakit kanker usus atau kanker rectum.
  13. Mengalami penurunan diding retrum ke vagina atau yang lbih dikenal dengan rekokel
  14. Karena Stroke.
  15. Mengalami luka pada tulang belakang.


Gejala Sembelit

  • Jarang buang air besar,atau kurang dari sekali sehari.
  • Sullit buang air besar, butuh mengejan dengan keras untuk membuang fese.
  • Sering buang gas atau buag angin.
  • Proses buang air beras terasa tidak tuntas.
  • Mengalami kram otot
  • Perut terasa berat dan buncit.
  • Lindah berlendir
  • Sakit kepala
  • Ngantuk
  • Mual
  • Vertigo
  • Jantung berdebar-debar.



Penanganan Sembelit

Penangan sembeli itu berbeda-beda tergantung tingkat keparahan dan siapa penderitanya, misalkan anak-anak dan wanita hamil itu berbeda. Tapi penanganan pertama untuksembelit yang sering dianjurkan adalah memperbaiki pola makan dan gaya hidup, terutama peningkatan konsumsi serat. Tingkat kecukupan serat yang terkandung di dalam asupan makanan, seperti buah, sayur, serta gandum, akan berdampak pada kelancaran sistem pencernaan. Selai serat berikut ii juga merupakan langkah-langkah sederhana untuk memperlancar syitem pencernaan tubuh adalah :
  1. Perbanyak mengonsumsi air putih sehingga terhindar dari dehidrasi dan juga hindari kafein kerena dapat memicu dehidrasi.
  2. Jangan mengabaika atau menahan-nahan keinginan untuk bang air besar.
  3. Tingkatkan frekuensi olahraga.
  4. Coba letakan lutut anda pada posisi lebih tinggi dari pinggul pada saat buang air besar.
  5. Makan banyak oatmeal.
  6. Daun wungu, kejibeling, ketepeng cina, lidah buaya, mengkudu, dan temulawak juga dipercaya dapat membantu mengatasi sembelit.
  7. Colon hidroterapi atau enema.


Penanganan dengan obat pencahar

  • Obat pencahar osmotik atau MgSO4 atau sering juga disebut garam inggris atau garam Epson berperan sebagai pencahar garam yag dapat meningkatkan peristaltik usus karena daya osmotiknya dapat menarik air ke dalam lumen usus dan tinja akan melembek. Setelah diberikan obat  sekitar 3 sampai 6 jam.  Contoh obat yang biasa diberikan oleh dokter adalah laktlosa dan macrogol
  • Obat pencahar pembentuk massa/tinja. Bekerja meningkatkan ion dalam lumen kolon sehingga tinja menjadi banyak dan lunak. Contoh dari obat ini adalah ion metilselulosa, polikarbofil dan agar-agar.
  • Obat ini akan merangsang dan membantu otot saluran pencernaan untuk mendorong tinja dalam usus besar menuju anus. Pencahar stimulan diberikan jika tinja tetap sulit keluar, meski sudah lunak. Jenis yang sering diberikan adalah senna, bisacodyl dan sodium picosulphate.


Harap diingingat bahwa selama menggunakan obat ini, Anda atau anak Anda sarankn mengonsumsi banyak air putih untuk menghindari dehidrasi.






Senangnya menerapkan Pola Hidup Sehat

Pola Hidup Sehat




Pola hidup sehat adalah suatu keadaan dimana mental, fisik  dan kesejahteraan sosial terjaga dengan stabil, bukan hanya ketiadaan penyakit pada diri manusia saja. Pola hidup sehat sangat penting sekali untuk diperhatikan, sebagaimana telah kita ketahui bahwa manusia hidup tidaklah selalu sehat, pasti ada kalanya dimana daya tubuh akan melemah sehingga tubuh rentan akan serangan peyakit tertentu.


Manfaat menerapkan pola hidup sehat sangatlah banyak terutama bagi kesehatan jasmani dan rohani, antaranya :

Dapat tidur dengan nyenyak
Dapat bekerja lebih maksimal serta meningkatkan kinerja
Dapat belajar dengan baik
Berpikiran positif dan sehat
Merasa damai, nyaman dan tentram
Memiliki penampilan yang sehat
Mendapatkan kehidupan dan interaksi sosial yang baik
Lebih percaya diri
Menghemat pengeluaran untuk kesehatan
Terhindar dari penyakit

Dibawah ini adalah langkah-langkah untuk melakuakan pola hidup sehat :

Memilih makanan sehat
  1. Meminimalakan makan makanan yang berlemak tidak sehat. 
  2. Konsumsilah lemak sehat dalam jumlah sedang
  3. Pilih makanan rendah gula dan karbohidrat
  4.  Makanlah beragam makanan segar dan hindari makanan olahan
  5. Tambahkan makanan organik


Lakukan Gerak Tubuh 

  1. Awali dan akhiri olahraga dengan regangan
  2. Berlatih kepusat kebugaran 3-5 kali perminggu
  3. Lakukan olahraga dilingkungan rumah
  4. Nikmati aktivitas berat dalam kehidupan sehari-hari
  5. Jangan selalu tergantung pada mobil/ lupakan mobil.


Menghindari Kebiasaan Tidak Sehat

  1. Hindari diet yoyo (diet yang membuat berat badan naik turun)
  2. Jauhi diet trendi. Hindari diet cairan, pil diet, dan suplemen diet lain kecuali di bawah pengawasan dokter.
  3. Janga lakukanolahraga berlebihan
  4. Selalu megetahui berat badan sendiri.
  5. Hindari rokok dan alkohol
  6. Jangan mengurangi waktu tidur
  7. Pakailah selalu tabir surya saat keluar ruangan
  8. Selalu menjaga kebersihan tubuh
  9. Selalu kenakan pakaian bersih
  10. Cuci kaki. Pastikan Anda menggosok sela jari kaki untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bau tidak sedap.
  11. Selalu mencuci tangan



Selain dengan mejalankan pola hidup diatas, ada juga tips tambahan untuk melengkapi hidup sehat seperti banyak minum air putih, mengonsumsi multi vitamin untuk memastikan Anda tidak kekurangan vitamin, berolah raga dalam frekuen yang teratur, sahan selalu tersenyum dan tertawa agar Anda lebih merasa hidup bahagia dan sehat, serta tambah terakhir adalah mencari informasi psikologi positif dan kebahagian agar Anda dapat menikmati gaya hidup sehat.


Dengan demikian jelas bahwa dengan melakukan pola hidup yang sehat, banyak manfaat yang akan didapat dibandingkan melakukan pola hidup yang salah yang dijelaskan pada artikel lain di situs ini. Semoga anda termasuk yang menjalani pola hidup sehat.